Monday, June 26, 2006

Artikel: Lifebuoy Luncurkan Kampanye Mencuci Tangan Dengan Sabun

Lifebuoy Luncurkan Kampanye
Mencuci Tangan Dengan Sabun

Tahukah Anda, kebiasaan mencuci tangan dengan sabun ternyata dapat mengurangi kejadian diare sampai dengan 50%? Itu setara dengan menyelamatkan sekitar satu juta anak di dunia dari penyakit yang berbahaya tersebut setiap tahunnya.

Dari hasil riset Koalisi untuk Indonesia Sehat (KuIS) didukung Lifebuoy Berbagi Sehat mengenai kebiasaan mencuci tangan dengan sabun di beberapa daerah di Indonesia, tersingkap fakta yang mengejutkan: Hampir 80% dari responden, termasuk para ibu yang memiliki balita, ternyata tak mencuci tangan dengan sabun, baik sebelum makan, setelah melakukan pekerjaan di luar rumah dan bahkan setelah buang air besar maupun buang air kecil!

Nah, melihat kondisi ini, Lifebuoy, sabun kesehatan keluarga, merasa perlu mengkampanyekan kebiasaan mencuci tangan yang baik dan benar dengan sabun. Diharapkan dengan kampanye ini kebiasaan cuci tangan dengan sabun dapat diwariskan dari satu generasi ke generasi berikutnya, demikian menurut Febby Intan, Senior Brand Manager Lifebuoy.

Kampanye diluncurkan di Gedung Aldiron Dirgantara pada 23 Maret 2005 yang dihadiri pejabat Departemen Kesehatan RI, sekitar 200 siswa SD serta Kak Seto, pemerhati anak yang mendongeng mengenai pentingnya kebiasaan mencuci tangan dengan sabun. Tak ketinggalan tentu saja Taufik Savalas yang sudah menjadi duta Lifebuoy selama delapan tahun. Meski hari hujan deras, namun tak menyurutkan kegembiraan anak-anak untuk mengikuti acara yang padat kegiatan, seperti menggambar massal dengan konsep "Dimana dan kapan saya mendapatkan kuman".

Setelah menggambar dan bermain, anak-anak dapat dapat menyaksikan sendiri kuman yang ada di tangan mereka dengan alat yang disebut glogerm. Setelahnya mereka diajak cuci tangan bersama untuk menanamkan pengertian bahwa mencuci tangan dengan sabun adalah hal penting yang harus dijadikan kebiasaan hidup yang sehat. Diharapkan, nantinya anak-anak yang akan menjadi generasi penerus bangsa ini menularkan kebiasaan sehat tersebut kepada teman, saudara, anggota keluarga dan anak cucu.

Sudahkah Anda mulai cuci tangan dengan sabun?


artikel dari Hanyawanita.com, 23 Maret 2005

0 Comments:

Post a Comment

<< Home