Monday, June 26, 2006

Artikel: Cuci Tangan Pakai Sabun Penting Banget Itu!

Mencuci tangan pakai sabun bisa mengurangi risiko terkena penyakit yang berkait dengan diare sebesar 42-47 persen. Mencuci tangan. Apa sih pentingnya? Walau kelihatannya sepele, mencuci tangan banyak manfaatnya buat kesehatan kamu lho.

Tahukah kamu, cuci tangan secara benar pakai sabun adalah salah satu langkah penting untuk mencegah penyebaran kuman penyakit. Kita menggunakan tangan untuk melakukan berbagai pekerjaan sehari-hari, baik di rumah, kebun, sekolah, atau saat jalan-jalan di pertokoan. Di rumah, tangan kita gunakan untuk membersihkan rumah, menyiapkan makanan, atau menata aneka perabot rumah. Sementara di kebun, tangan kamu bisa jadi belepotan oleh tanah yang baru saja digemburkan. Kini, coba perhatikan adik kamu yang masih balita. Biasanya, mereka menggunakan tangannya untuk menyentuh berbagai benda.

Padahal, benda-benda yang ada di sekeliling kita itu, tak selalu bersih. Bahkan, sangat mungkin telah tercemar oleh kuman. Pisau, bola kaki, pintu rumah, lemari, keranjang belanja, dan tempat sampah, adalah beberapa contoh benda di sekitar kita yang sangat mungkin menjadi 'tempat tinggal' kuman. Artinya, hanya dengan menyentuh benda-benda itu, kamu bisa terkena kuman. Setelah itu, kamu pun bisa menularkannya kepada orang lain yang kamu sentuh setelah memegang benda-benda itu.

Lalu, apa jadinya, kalau tangan kamu yang sudah kena kuman itu diusapkan ke muka, mata, hidung, atau mulut? Bila itu terjadi, risiko kamu untuk terkena penyakit jadi meningkat, karena kuman tersebut telah masuk ke dalam tubuh. Apalagi, kalau kamu punya luka terbuka atau belum sembuh, maka akan lebih cepat lagi kuman masuk ke dalam tubuh melalui luka itu.

Untuk mencegah hal buruk itu, mencuci tangan pakai sabun, sepertinya merupakan satu keharusan. Mengapa mesti pakai sabun? Sabun membuat kuman yang tadinya menempel, terlepas dari tangan. Sementara air yang mengalir, akan meluruhkan semua kuman itu sehingga kamu terhindar dari ancaman berbagai penyakit.

Mengingat pentingnya mencuci tangan ini, sejak Januari 2005 lalu, Koalisi untuk Indonesia Sehat (KuIS) memprakarsai Gerakan Mencuci Tangan dengan Sabun di dua propinsi yaitu Banten dan Sumatera Utara. Untuk menggelar gerakan ini, KuIS bekerja sama dengan Lembaga Amil Zakat Harapan Dhuafa (Laz Harfa). Nah, berkait dengan gerakan ini, pada 19 Juni lalu digelar Festival Cuci Tangan Pakai Sabun yang digelar di alun-alun Rangkas Bitung, Banten.

Dalam acara itu, anak-anak dan para ibu melakukan beragam kegiatan, mulai dari gerak jalan, tarik tambang, lari, lomba menggambar, dan mewarnai. Selain itu, ada juga pentas seni dan penyuluhan kesehatan. Acara ini seru banget lho. Bagaimana nggak seru, setelah melakukan berbagai kegiatan itu, mereka beramai-ramai mencuci tangan pakai sabun di dua mobil tangki air yang telah disiapkan.

Kamu ingin tahu apa tujuan acara ini? Kata Pak Taufiq Ommar Malik, direktur eksekutif KuIS, acara ini bertujuan mengampanyekan gerakan hidup bersih dan sehat. ''Untuk sehat, ternyata bisa diawali dengan kegiatan yang sederhana yaitu mencuci tangan pakai sabun,'' lanjut Pak Taufiq.

Kurangi risiko diare
Mencuci tangan pakai sabun ternyata mampu mengurangi risiko kematian, terutama pada anak-anak, akibat diare. Penelitian menunjukkan, mencuci tangan pakai sabun bisa mengurangi risiko terkena penyakit-penyakit yang berkaitan dengan diare sebesar 42-47 persen.

Selama ini, diare seringkali dianggap sebagai penyakit sepele, padahal di tingkat global dan nasional fakta menunjukkan sebaliknya. Menurut catatan WHO (Organisasi Kesehatan Dunia), diare membunuh dua juta anak di dunia setiap tahun. Sedangkan di Indonesia, menurut Survei Kesehatan Nasional tahun 2001, diare merupakan penyebab kematian kedua terbesar pada balita dan anak-anak.

Tapi ngomong-ngomong, kenapa ya kampanye cuci tangan ini ditujukan pula pada ibu-ibu? Bukankah yang paling rentan terkena diare adalah balita dan anak-anak? ''Ibu-ibu adalah orang yang paling dekat dengan anak-anak. Jika tangannya tidak bersih maka akan menularkan kuman dan bakteri ke anak-anaknya. Jadi sangat perlu mengampanyekan cuci tangan pakai sabun ke ibu-ibu,'' terang Pak Wahyu Suwargi, koordinator program kesehatan Festival Cuci Tangan dengan Sabun.

O ya, Pak Wahyu juga menyarankan, kalian sebaiknya membiasakan diri mencuci tangan pakai sabun setiap kali selesai melakukan kegiatan apapun. Begitupun setiap kali hendak makan, minum, dan beranjak tidur, jangan lupa cuci tangan pakai sabun. ''Lebih bagus lagi juga cuci kaki dan wajah.''

(ruz )
Republika, Minggu, 26 Juni 2005

0 Comments:

Post a Comment

<< Home