Thursday, August 18, 2005

Artikel: Gerakan Keluarga Sehat di Kabupaten Bandung

Print to PrinterMemasuki bulan kedelapan pelaksanaan Gerakan Keluarga Sehat (GKS) di Desa Situwangi, Desa Mekar Mukti, dan Desa Tanjung Jaya di wilayah Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung, banyak target program yang sudah terlaksana.

Selain semakin meningkatnya pengetahuan warga mengenai pentingnya hidup sehat, warga masyarakat juga menunjukkan antusiasme yang tinggi untuk mempraktikkan pola hidup sehat dengan membiasakan mencuci tangan dengan sabun, membuang sampah pada tempatnya, membuka jendela waktu pagi-sore hari, melaksanakan 3M, dll. Beberapa Desa juga telah bertekad untuk meninggalkan budaya Dolbon, Dolling, Dolwah (buang air besar di kebun, waduk Saguling, dan sawah) dengan membuang air besar di jamban.

Wujud nyata partisipasi dan keinginan masyarakat untuk hidup lebih sehat diwujudkan dengan pembangunan beberapa fasilitas penunjang kesehatan seperti MCK sederhana. Bahan-bahan pembuatan MCK sederhana seperti pasir dan batu bata diupayakan secara bergotong royong melalui pengumpulan dana dari warga dan sumbangan dari pengusaha-pengusaha lokal serta bantuan perangkat desa. Kebutuhan lain untuk pembuatan fasilitasi sanitasi sederhana ini diupayakan dari dana yang diberikan oleh Unilever. Dengan perkembangan dan antusiasme masyarakat terhadap program ini, harapan untuk adanya kemandirian dan keberlanjutan program dari dan oleh masyarakat sepertinya sudah semakin dekat.

Pada bulan Juli 2005 yang lalu, sekretariat Koalisi untuk Indonesia Sehat bersama Unilever melakukan pemantauan kegiatan GKS. Karena kegiatan GKS yang didukung oleh Lifebuoy-Unilever ini dianggap bagus dan sukses, Tim “Lifebuoy Berbagi Sehat”, tertarik membuat iklan Lifebuoy versi GKS. Maka pada awal Agustus 2005, ketiga Desa tersebut didatangi tim produksi iklan Lifebuoy. Beberapa anggota masyarakat Desa dan Tokoh masyarakat setempat dilibatkan melalui janya jawab seputar kegiatan Gerakan Keluarga Sehat. Iklan ini rencananya akan ditanyangkan sekitar bulan September 2005.

artikel dari Koalisi.org 18 Agustus 2005

0 Comments:

Post a Comment

<< Home