Saturday, June 10, 2006

Artikel: Cara Jitu Hindari Flu

Di musim pancaroba sekarang ini, aneka penyakit umumnya lebih mudah menghampiri. Terutama flu. Berikut cara jitu menghindarinya.

KLIK - Detail 1. Cuci tangan sesering mungkin. Salah satu penyebab flu adalah tangan yang menggosok-gosok hidung atau mata sesudah tangan terkontaminasi oleh virus. Dengan mencuci tangan sesering mungkin. Terutama sebelum, pada waktu, dan sesudah menyiapkan makanan. Selain itu, sebelum makan, setelah dari kamar mandi, usai bermain, setelah membersihkan kotoran binatang, dan saat tangan kotor. Lakukan lebih sering lagi ketika ada anggota keluarga di rumah yang menderita sakit. Jika Anda menjaga diri agar tak tekena flu, berarti Anda juga melindungi anak-anak dari sakit karena flu amat mudah menular.

2. Biasakan bersih-bersih secara rutin dengan sabun dan air. Termasuk membersihkan permukaan mainan atau benda-benda yang biasa dimasukkan ke dalam mulut anak agar terbebas dari kuman. Bisa juga dibersihkan dengan membersihkan permukaan benda dengan tisu basah.

KLIK - Detail 3. Gunakan lap/tisu sekali pakai untuk membersihkan hidung si kecil saat ia sedang flu atau sakit lainnya.

4. Ajarkan anak batuk/bersin dengan sehat dan sopan. Caranya, ketika terasa akan batuk/bersin, ambil tisu, taruh di mulut/hidung, palingkan muka ke samping, baru batuk atau bersin. Setelah itu, buang tisu ke tempat sampah. Dengan demikian kuman penyakit tak mengenai orang di sekitar.

5. Hindari kontak yang tidak penting dengan banyak orang. Terutama jika Anda memiliki anak kecil. Di musim "penyakit" seperti sekarang ini, sebaiknya hindari tempat ramai seperti mal atau supermarket pada saat akhir pekan. Ciptakan kegiatan untuk anak sehingga ia tak merasa bosan di rumah.


artikel dari Tabloid Nova

0 Comments:

Post a Comment

<< Home