Monday, June 26, 2006

Artikel: Kampanye Gerakan Cuci Tangan Pakai Sabun

Periode II pelaksaan PIN Polio dimanfaatkan pula untuk kampanye Gerakan Cuci Tangan Pakai Sabun. DIAH KATARINA BAMBANG DH Ketua Tim Penggerak PKK Kota Surabaya mendatangi Pos PIN Kelurahan Wonokromo. Yang dikunjungi diantaranya, Pos PIN RT 56 RW 7, satu diantara puluhan Pos PIN peserta Gerakan Cuci Tangan Pakai Sabun.

Hari ini agendanya 53 Pos PIN Kelurahan Wonokromo selain untuk PIN Polio juga disediakan kelengkapan cuci tangan pakai sabun. Seperti ember, gayung, lap tangan, sabun, dan air bersih.

DIAH KATARINA mengatakan, mencuci tangan sesudah melakukan aktivitas lainnya terutama kegiatan yang berhubungan dengan makanan masih kurang jamak dilakukan di masyarakat. Cuci tangan saja masih kurang diperhatikan masyarakat apalagi cuci tangan pakai sabun kata istri BAMBANG DH.

Karena itulah Gerakan ini dikampanyekan bersamaan dengan pelaksanaan PIN Polio hari ini, Selasa (27/09). DIAH KATARINA mengatakan tidak ada pengaruh negatif melakukan kampanye Gerakan cuci tangan pakai sabun dan PIN bersamaan karena justru bisa memberikan sinergi.

Sosialisasi pada situasi seperti ini lebih mudah dilakukan karena masyarakat sedang berkumpul. Lagipula cuci tangan pakai sabun juga bukan hal yang susah dilakukan. Berbeda jika kampanye ini mengharuskan warga menggunakan sabun merek tertentu atau harus dibeli di tempat tertentu.

Kampanye ini bekerja sama dengan sembilan LSM, USAID, Unesa, Unilever, dan PKK yang dimulai di kawasan Wonokromo. DIAH mengatakan masih ada kaitan antara cuci tangan pakai sabun dengan upaya menekan Polio. Karena Polio, menurut DIAH KATARINA, penyebarannya dari tinja yang kemudian masuk dalam konsumsi anak-anak usia rentan penularan Polio. Sehingga kalau masyarakat mencuci tangan sebelum melakukan aktivitas lain terutama akan makan diharapkan semakin menekan kejadian Polio.

Anak-anak yang terjaring Imunisasi Polio menurut DIAH KATARINA cukup sukses. Seperti halnya pelaksanaan PIN Polio periode I target yang ditetapkan untuk tiap Pos PIN dapat dilampaui bahkan ada yang mencapai 100-110%.

dari berita portal Surabaya.go.id 7 September 2005

0 Comments:

Post a Comment

<< Home